Game checkers adalah suatu permainan papan
dengan menggunakan keterampilan murni dari dua pemain yang mengikuti sejumlah
aturan-aturan dalam permainan, dan berusaha untuk memenangkan permainan dengan
cara memakan semua bidak lawan dalam papan atau dengan membuat semua bidak
lawan tidak dapat melakukan gerakan.
Pada game checkers
algoritma yang digunakan adalah algoritma minimax. Algoritma minimax merupakan
algoritma yang digunakan untuk menentukan pilihan agar memperkecil kehilangan
nilai maksimal. algoritma ini diterapkan pada game yang dimainkan oleh dua
orang pemain.
Dalam pembuatan program
game ini dibuat berdasarkan prosedur minimax untuk mendapatkan langkah terbaik
dari posisi yang ada. Setiap posisi memiliki nilai yang dapat dihasilkan dari
langkah terbaik, dengan berasumsi bahwa AI akan selalu mencoba memaksilmalkan
nilai, ketika lawan akan mencoba untuk meminimalkannya nilai, ketika lawan akan
mencoba untuk meminimalkannya. Ketika prosedur minimax mencapai akar pada pohon
pencarian, akan menghasilkan langkah terbaik dengan asumsi lawan akan
menggunakan kriteria evaluasi yang sama.
Perkembangan checkers
menggunakan algoritma minimax banyak dipengaruhi algoritma lain seperti
algoritma alpha beta yang diterapkan oleh samuel. Untuk menerapkan algoritma
minimax pada game checkers diperlukan suatu fungsi optimasi tertentu. Salah satu
fungsi optimasi yang paling dasar adalah membatasi kedalaman dari pohon
pencarian.
http://id.wikipedia.org/wiki/Minimax
http://id.wikipedia.org/wiki/Minimax
Tidak ada komentar:
Posting Komentar