Senin, 21 Mei 2012

ALGORITMA PADA GAME CHECKERS (STRAWBERRY PROLOG)

 
Game checkers adalah suatu permainan papan dengan menggunakan keterampilan murni dari dua pemain yang mengikuti sejumlah aturan-aturan dalam permainan, dan berusaha untuk memenangkan permainan dengan cara memakan semua bidak lawan dalam papan atau dengan membuat semua bidak lawan tidak dapat melakukan gerakan.
Pada game checkers algoritma yang digunakan adalah algoritma minimax. Algoritma minimax merupakan algoritma yang digunakan untuk menentukan pilihan agar memperkecil kehilangan nilai maksimal. algoritma ini diterapkan pada game yang dimainkan oleh dua orang pemain.
Dalam pembuatan program game ini dibuat berdasarkan prosedur minimax untuk mendapatkan langkah terbaik dari posisi yang ada. Setiap posisi memiliki nilai yang dapat dihasilkan dari langkah terbaik, dengan berasumsi bahwa AI akan selalu mencoba memaksilmalkan nilai, ketika lawan akan mencoba untuk meminimalkannya nilai, ketika lawan akan mencoba untuk meminimalkannya. Ketika prosedur minimax mencapai akar pada pohon pencarian, akan menghasilkan langkah terbaik dengan asumsi lawan akan menggunakan kriteria evaluasi yang sama.
Perkembangan checkers menggunakan algoritma minimax banyak dipengaruhi algoritma lain seperti algoritma alpha beta yang diterapkan oleh samuel. Untuk menerapkan algoritma minimax pada game checkers diperlukan suatu fungsi optimasi tertentu. Salah satu fungsi optimasi yang paling dasar adalah membatasi kedalaman dari pohon pencarian.


http://id.wikipedia.org/wiki/Minimax

Tidak ada komentar: