Multimedia berasal dari kata ‘multi’ dan ‘media’. Multi berarti banyak, dan media berarti tempat, sarana atau alat yang digunakan untuk menyimpan informasi. Jadi berdasarkan kata, ‘multimedia’ dapat diasumsikan sebagai wadah atau penyatuan beberapa media yang kemudian didefinisikan sebagai elemen-elemen pembentukan multimedia. Multimedia merupakan suatu konsep dan teknologi baru bidang teknologi informasi, dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, animasi, dan video disatukan dalam komputer untuk disimpan, diproses, dan disajikan baik secara linier maupun interaktif.
1.Elemen-elemen Multimedia
a.Suara ( Sound )
Dalam teknologi multimedia, sound card mempunyai peranan penting. Hal ini berkaiatan dengan visi utama multimedia, yaitu untuk menyajikan informasi secara menarik, salah satu hal yang membuat suatu sajian informasi agar lebih menarik adalah dengan adanya suara.
Fungsi sound card adalah untuk mengubah suara yang berbentuk analog kedalam bentuk digital, untuk kemudian disimpan dalam suatu file yang dapat bertipe tertentu.
Beberapa format standart untuk suara, antara lain Wafe Form Audio ( WAF ) dan Music Instrumental Digital Interface ( MIDI ).
b.Gambar ( Image )
Gambar atau grafik merupakan bagian yang penting sistem multimedia, pada dasarnya sebuah format gambar dapat direpresentasikan kedalam tipe bitmap atau vektor, perbedaan dari kedua format ini adalah pada bitmap terdapat informsi warna RGB ( Red, Green, Blue ) dalam pixel, sementara format vektor tidak. Umumnya format file yang digunakan untuk multimedia adalah jenis bitmap. Hal ini terjadi karena file bitmap mempunyai kesesuaian dengan konsep multimedia, yaitu hasil yang dihasilkan menarik dalam arti mempunyai banyak warna.
c.Animasi ( Animation )
Penggunaan animasi komputer telah dimulai dengan ditemukannya software komputer yang dapat digunakan untuk membuat ilustrasi pada komputer, yaitu membuat perubahan gambar yang satu ke gambar yang lain sehingga membentuk suatu gerakan tertentu. Ada dua tipe animasi :
• Animasi Frame-based adalah beberapa layar atau frame yang di tujukan dalam kecepatan berurutan, perubahan layar dari satu frame ke frame yang lain akan menghasilkan animasi. Tiap-tiap frame dapat diubah menjadi entitas yang unik, sebab perubahan ini menggambarkan dalam gambar nyata yang terlihat untuk periode tertentu, contoh dari animasi ini adalah animasi kartun.
• Animasi Cast-based disebut juga dengan animasi objek, yaitu sebuah bentuk animasi dimana tiap-tiap obyek dalam tampilan merupakan elemen tersendiri mempunyai susunan gambar, bentuk, ukuran dan kecepatan.
Pada dasarnya karakter animasi tidak terlepas dari prinsip-prinsip yang digunakan sebagai karengka dasar, animasi adalah sebuah gerak, dan memahaminya secara berurutan serta mengenai sifat-sifat gerak yang akan dilakukan. Kerangka dasar ini bisa memberikan gambaran bagaimana terjadinya sebuah gerak. Prinsip ini dilakukan pada animasi 2 Dimensi maupun 3 Dimensi ( termasuk paper dan clay animation ) adalah rangkuman sifat-sifat gerak di alam, terutama gerakan manusia.
d.Teks ( Text )
Teks atau tulisan merupakan tampilan informasi yanh sudah lama digunakan dalam setiap perangkat komputer. Dalam program multimedia yang menawarkan tampilan dengan daya tarik adalah gambar dan suara, namun teks juga tidak kalah pentingnya. Sekalipun dengan sebuah gambar dapat menggungkapkan beberapa informasi, namun teks juga dapat memberikan kemudahan untuk menginformasikan keterangan yang tidak cukup diinformasikan oleh gambar-gambar dan video saja.
e.Video Digital
Saat ini telah muncul peralatan personal komputer yaitu personal komputer vidoe commander, vidoe classy dan vidoe blaser yang berupa card yang dipasang ke slot eksepsi komputer peralatan ini hanya dapat memberikan masukkan berupa sinyal dalam sistem NTSC ( National Television Standard Commite ) dan PAL ( Phase Alternating Line ) dalam berbagai peralatan seperti TV Turner, VCR ( Vidoe Cassete Recorder ), Laser disc player dan kamera TV.
Dengan alat ini sinyal-sinyal tampilan menjadi gambar hidup atau tayangan bergerak pada monitor VGA ( Video Grafik Adapter ), file yang dihasilkan adalah berekstensikan AVI ( Audio Vidoe Interface ). File ini merupakan file format khusus untuk data yang dihasilkan beberapa tayangan yang sudah ada diselerasikan dengan suara.
Kualitias tayangan gambar dan suara dari file dipengharui oleh beberapa aturan pilihan ketika dicaptured menjadi tipe data berektensikan AVI.
2.Software untuk mengolah masing-masing elemen multimedia
•Viewing : Untuk melihat hasil pengolahan multimedia (Winamp, power DVD).
•Capturing : Untuk mendapatkan hasil rekaman yang didapat melalui device multimedia. (software scanner, capture, camdig).
•Editing : Untuk mengolah bahan multimedia menjadi senuah sajian (adobe).
•Authoring : Software Multimedia untuk keperluan interaktif (director, flash). Teks Bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikendalikan adalah teks. Teks dapat membentuk kata, surat atau narasi dalam multimedia yang menyajikan bahasa. Kebutuhan teks bergantung kepada penggunaan aplikasi multimedia.
3. Software untuk menggabungkan elemen-elemen multimedia
•Macromedia Authorware
•Macromedia Director
•Macromedia Flash
•Multimedia Builder
•Ezedia
•Hyper Studio
•Ovation Studio Pro
4. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan untuk membuat produk multimedia yang menarik dan user friendly.
Dalam pembuatan product multimedia, kita harus membuatnya semenarik mungkin dari pemilihan , pengorganisasian, & perpaduan suatu objek dan harus mudah digunakan oleh orang banyak.
Sumber :
http://kostanprotonema.site88.net/Materi/; http://ngeditvideo.blogspot.com/2010/02/elemen-elemen-multimedia.htm; dan buku-buku penunjang multimedia
Nama : Firma Yani
NPM : 53409751
Kelas: 2 IA 15
Tidak ada komentar:
Posting Komentar